... Menulis tentang apa yang saya saksikan dengan MATA, HATI, dan PIKIRAN ke-MELANESIA-an saya di West Papua sebelum menerima salah satu bagian dari hidup yang mutlak, yakni KEMATIAN...

Selasa, Desember 15, 2009

Penembakan di Timika Belum Pasti Kelly Kwalik

Terkait berita pembunuhan Pimpinan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat, Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM), Kelly Kwalik di Timika Papua pada Rabu (16/12/2009) pukul 04.00 WIT yang disiarkan berbagai media nasional Indonesia dan dunia masih simpang siur.

Beberapa sumber di Timika menyebutkan, sejak Rabu pagi ada dua versi kisah penyergapan yang berkembang di masyarakat. Ada yang menyebarkan isu penyergapan dilakukan di wilayah Kali Kopi, sementara informasi lainnya menyebutkan penyergapan dilakukan di gorong-gorong.

Selain itu, identitas korban pada Rabu pagi disebutkan salah satu anggota pasukan tewas tertembak. Tetapi infomasi lainnya mengatakan seorang warga Papua, yang kemudian diinformasikan oleh Kabid Humas Polda Papua sebagai tokoh Kelly Kwalik.

Menurut seorang perawat di Klinik Kuala Kencana, jenasah sudah dimasukkan ke dalam peti mati, dan tidak seorang pun tahu siapa jenasah di dalamnya.

Dia mengatakan, saat ini petugas sedang melakukan pengecekan DNA jenazah yang diduga sebagai pimpinan TPN/OPM wilayah Timika itu. Pemeriksaan dilakukan di RS Kuala Kencana, Mimika, Papua.

Beberapa sumber di Timika mengatakan, hingga Rabu siang, belum diketahui pasti siapa jenasah yang sudah dimasukkan ke dalam peti mati. Di Klinik Kuala Kencana, menurut rencana, jenasah tokoh yang masih belum jelas identitasnyanya ini akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Mimika untuk diotopsi.

Sementara sumber lain menyebutkan, Kelly Kwalik adalah pimpinan TPN/OPM yang tidak mudah dibunuh. “Kami heran kalau dibunuh. Dia itu bias hilang-hilang tiba-tiba juga kok. Kami saja belum pernah ketemu. Kami tidak percaya bahwa ia ditembak, ” kata beberapa warga Timika. ***


Tidak ada komentar:

----------------------------------------------------------------------------------------
Perjuangan pembebasan nasional Papua Barat bukan perjuangan melawan orang luar Papua (Jawa, Batak, Toraja, Makassar, Ambon dan lainnya) tetapi perjuangan melawan ketidakadilan dan pengakuan akan KEMANUSIAANNYA MANUSIA PAPUA BARAT DI ATAS TANAH LELUHURNYA.Jadi, Merdeka bagi orang Papua adalah HARFA DIRI BANGSA PAPUA BARAT!