... Menulis tentang apa yang saya saksikan dengan MATA, HATI, dan PIKIRAN ke-MELANESIA-an saya di West Papua sebelum menerima salah satu bagian dari hidup yang mutlak, yakni KEMATIAN...

Jumat, November 27, 2009

Buktar Tabuni Dianiaya Aparat di LP Abepura

Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Buchtar Tabuni dilaporkan dikeroyok petugas LP Abepura bersama polisi dan militer Indonesia di ruangan LP Jayapura Papua, Kamis, (26/11), pukul 19.00 Waktu Papua Barat.

Dilaporkan, Buktar kena Pukulan memar di mulut dan kepada. “Saat ini Buktar belum bisa buka mulut dan bersuara,” kata laporan itu.

Menanggapi aksi pemukulan itu, dikabarkan solidaritas rakyat Papua yang anti kekerasan melakukan aksi protes di LP Abepura Papua, Jumat (27/11). Hingga berita ini ditulis motif pemukulan belum diketahui dan rakyat Papua mengancam untuk masuk penjara rame-reme apabila negera tidak menjelaskan motif pemukulan.

Sekedar diketahui, beberapa waktu lalu Buktar Tabuni secara tegas menanggapi pernyataan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs Agus Rianto yang melarang warga Papua Barat yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) melakukan aksi dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 Kemerdekaan Papua Barat Selasa, 01 Desember 2009 di Tanah Papua nanti.

Buktar mengatakan tanggal 1 Desember adalah hari Kemerdekaan Bangsa Papua Barat, yang secara de fakto sudah sah. Karena itu KNPB akan memfasilitasi Rakyat Papua untuk menyatakan sikap atas peristiwa 1 Desenber tahun 1961, dengan berbagai cara yang terpuji dan tidak anarkis, yaitu dalam bentuk Aksi Damai Sesuai UU no 9 Tahun 1998, serta UUD No. 12 Tahun 2005 tentang Konvenan Internasional Hak –hak sipil dan Politik pasal 19 ayat 1,2 dan 3, yang tersirat bahwa setiap orang menentukan nasib sendiri. ***

Tidak ada komentar:

----------------------------------------------------------------------------------------
Perjuangan pembebasan nasional Papua Barat bukan perjuangan melawan orang luar Papua (Jawa, Batak, Toraja, Makassar, Ambon dan lainnya) tetapi perjuangan melawan ketidakadilan dan pengakuan akan KEMANUSIAANNYA MANUSIA PAPUA BARAT DI ATAS TANAH LELUHURNYA.Jadi, Merdeka bagi orang Papua adalah HARFA DIRI BANGSA PAPUA BARAT!