... Menulis tentang apa yang saya saksikan dengan MATA, HATI, dan PIKIRAN ke-MELANESIA-an saya di West Papua sebelum menerima salah satu bagian dari hidup yang mutlak, yakni KEMATIAN...

Sabtu, Oktober 23, 2010

SEORANG MAHASISWA PAPUA DIKABARKAN HILANG TERBUNUH

IDENTITAS LENGKAP KORBAN
NAMA LENGKAP : RICKYABRAHAM ZONGGONAU
UMUR : 22 tahun
TTL : Wadio,23 Setember 1988
ALAMAT : AIKAI ENAROTALI KABUPATEN PANIAI

PEKERJAAN : Mahasiswa AKPER Kab. Paniai
kronologinya: Pada hari jum’at tanggal, 15-10-2010 jam, 09 malam. Rikcy bersama dengan empat temannya bercanda gurau didepan gudang generator PLN Kabupaten paniai lewat beberapa menit kemudian ada dua motor datang menghampiri mereka, yang naik motor ada empat orang. Empat orang tersebut adalah Anggota TIMSUS TNI 753 yang bertugas di Paniai.

"ada saat empat orang itu datang kami tinggal saja begini tiba-tiba mereka langsung koken senjata ( siap tembak) kami empat orang lari tapi kami punya teman ini tidak lari dia tinggal disitu saja jadi waktu itu kami tidak tau sama sekali kalau nanti jadi begini karena kami tidak punya masalah dan pada waktu keempat temannya melarikan diri ricky sendiri saja yang berhadapan dengan keempat orang yang berstatus anggota TNI, dan seterusnya apa yang terjadi pada malam itu keempat temannya tidak tau.

Namun ada saksi lain yang mengatakan bahwa "pada saat itu saya lewat disitu pakai motor kemudian saya lihat ada orang terbaring di kebun disamping rumah bapak SINAGA yang jarak dari gudang PLN kira-kira 25 meter posisinya bersebelahan jalan.

"Saya lihat begini itu saya punya teman namanya Ricky Zonggonau posisisnya kepalah masuk dilumpur, kedua tangannya di belakang dan kakinya diatas rumput-rumput saya mau turun angkat tetapi disitu ada orang sembunyi sambil tunduk-tunduk tapi saya lihat itu jelas ada orang yang ada perhatikan saya dari rumput-rumput dan saya kasitinggal baru saya pergi cari teman-teman untuk anggkat Ricky untuk bawah pulang, kemudian saya dengan teman-teman datang di tempat itu tetapi Teman Ricky tidak ada disitu jadi kami pikir Ricky sudah pulang ke AIKAI karena besok pagi dia ada praktek di RSUD madi jadi kami tidak cari dia" ungkap JT.

Keluarganya sudah mencari kemana-mana bahkan ke kepolisian namun jawabanya adalah Ricky menghilang disaat itu dan pelakunya jelas adalah TIMSUS TNI 753, dan ditempat kejadian.

"kami bersama kepolisian menemukan ada bukti bekas sepatu laras dan tempat korban terbaring pertama kali namun jazadnya tidak ditemukan" sambung JT.

Saat ini kepolisian stempat memanggil semua saksi yang menyaksikan kejadian pada malam itu untuk dimintai keterangan secara jelas. Sampai saat ini pas satu minggu Ricky Zonggonau belum kembali kerumah apalagi kekampus atau pergi ke RSUD, bagai ditelan bumi. [R0n]****

Tidak ada komentar:

----------------------------------------------------------------------------------------
Perjuangan pembebasan nasional Papua Barat bukan perjuangan melawan orang luar Papua (Jawa, Batak, Toraja, Makassar, Ambon dan lainnya) tetapi perjuangan melawan ketidakadilan dan pengakuan akan KEMANUSIAANNYA MANUSIA PAPUA BARAT DI ATAS TANAH LELUHURNYA.Jadi, Merdeka bagi orang Papua adalah HARFA DIRI BANGSA PAPUA BARAT!