... Menulis tentang apa yang saya saksikan dengan MATA, HATI, dan PIKIRAN ke-MELANESIA-an saya di West Papua sebelum menerima salah satu bagian dari hidup yang mutlak, yakni KEMATIAN...

Jumat, Juni 19, 2009

Jelang 1 Mei 2009, Satuan Yonif 753 Nabire Gelar Operasi

Malam menjelang 1 Mei 2009, Satuan Yonif 753 Nabire mengadakan operasi terselubung di sejumlah titik yang dianggap rawan di kota Nabire. Mereka juga melakukan pemasangan beberapa spanduk yang bertuliskan, "Dengan Semgangat Perebutan Irian Barat pada i Mei 1963 Mari Kita Tingkat Persatuan dan Kesatuan NKRI".

Spanduk itu dihiasi gambar peta Indonesia dengan di atasnya tertancap bendera Merah Putih.Berdasarkan pantauan SaksiMata, Jumat (1/5), operasi terselubung ini mengakibatkan ketakutan bagi warga sempat. Ketakutan ini juga dirasakan sejumlah aktivis dalam menyampaikan aspirasinya.

Sekedar diketahui bahwa tanggal 1 Mei 1963 tanah dan bangsa Papua Barat dicaplok ke dalam Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

----------------------------------------------------------------------------------------
Perjuangan pembebasan nasional Papua Barat bukan perjuangan melawan orang luar Papua (Jawa, Batak, Toraja, Makassar, Ambon dan lainnya) tetapi perjuangan melawan ketidakadilan dan pengakuan akan KEMANUSIAANNYA MANUSIA PAPUA BARAT DI ATAS TANAH LELUHURNYA.Jadi, Merdeka bagi orang Papua adalah HARFA DIRI BANGSA PAPUA BARAT!