... Menulis tentang apa yang saya saksikan dengan MATA, HATI, dan PIKIRAN ke-MELANESIA-an saya di West Papua sebelum menerima salah satu bagian dari hidup yang mutlak, yakni KEMATIAN...

Jumat, April 03, 2009

Berita Foto Aksi Ribuan Rakyat Nabire (Papua), Dukung ILWP

Ribuan masa rakyat Papua yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Nabire melakukan aksi demontrasi dalam rangka mendukung peluncuran International Lawyers for West Papua (ILWP) atau Group Pengacara Internasional untuk Papua Barat, Jumat, (3/4). Masa menolak Pemilu Indonesia di Papua dalam keadaan Papua yang darurat ulah Otonomi Khusus. Masa menyeruhkan referendum untuk Papua secara terbuka.

Ketua KNPB wilayah Nabire, Zet Giyay mengatakan, aksi rakyat ini adalah aksi dukungan peluncuran IPWP. “Kami rakyat Papua Barat mendukung penuh peluncuran ILWP di Amerika mulai 3-5 April 2009. Bukti dukungan rakyat Papua Barat dapat dilihat dari dukungan masa rakyat. Ini adalah aksi terbesar rakyat Papua di Nabire,” katanya.

Menurut pantauan kami, aksi dukungan itu adalah aksi terbesar setelah aksi pengibaran bendera Bintang Kejora pada 2001 di Nabire Papua. Ruas-ruas jalan besar di Nabire tidak dapat dilewati oleh kendaraan. Polisi juga terlihat kewalahan mengontrol karena begitu banyaknya masa. Masa juga begitu antusias menyeruhkan yel-yel tentang referendum.














Tidak ada komentar:

----------------------------------------------------------------------------------------
Perjuangan pembebasan nasional Papua Barat bukan perjuangan melawan orang luar Papua (Jawa, Batak, Toraja, Makassar, Ambon dan lainnya) tetapi perjuangan melawan ketidakadilan dan pengakuan akan KEMANUSIAANNYA MANUSIA PAPUA BARAT DI ATAS TANAH LELUHURNYA.Jadi, Merdeka bagi orang Papua adalah HARFA DIRI BANGSA PAPUA BARAT!